Karakteristik Ayam Petarung Bangkok

Diposting pada

Karakteristik Ayam Petarung BangkokKarakteristik Ayam Petarung Bangkok di Indonesia

Karakteristik Ayam Petarung Bangkok merupakan hal – hal yang perlu di perhatikan agar kalian dapat membeli atau memilih ayam bangkok jawara.

Seperti yang telah kalian ketahu, ayam bangkok merupakan salah satu unggas yang sering di perbincangkan di arena sabung ayam. Dimana ras dari ayam bangkok merupakan ras jawara yang berasal dari Thailand.

Untuk sifat dari petarung bangkok, unggas ini merupakan salah satu petarung handal yang akan selalu menyerang dan tak kenal menyerah seperti ayam jantan liar.

Dimana unggas jantan liar akan selalu bertarung untuk mempertahankan wilayah kekuasaanya. Karena sifatnya tersebut, ayam ini menjadi jenis unggas terkenal yang di gemari oleh banyak pengadu.

Bila kalian baru masuk atau terjun dunia sabung ayam, terdapat beberapa karakteristik yang dapat di bedakan dari ayam lain. Dimana untuk unggas bangkok, karakteristik tersebut mudah di bandingkan dengan petarung dari jenis maupun ras lainnya.

Dan berikut ini adalah beberapa karakteristik yang bisa kalian lihat di dalam ayam bangkok agar tidak salah membeli ayam bangkok hasil dari kawin silang.

Karena di Indonesia terdapat beberapa penjual unggas bangkok hasil kawin silang dengan unggas lokal. Akan tetapi mengaku bahwa ayam bangkok yang di jualnya merupakan petarung asli dari Thailand.

Karakteristik Khas Dari Ayam Bangkok

Seperti yang telah di sebutkan sebelumnya, Petarung dari bangkok ini merupakan jenis unggas yang memiliki sifat dan karakteristik seperti pejantan liar.

Tapi bagia kalian yang tidak mengetahui karakteristik tersebut, anda dapat melihat ciri – ciri petarung tersebut di dalam artikel ini untuk unggas petarung di arena sabung ayam.

Ukuran Badan

Untuk ayam bangkok asli, petarung ini memiliki bentuk dan ukuran badan yang bisa di bilang lebih besar dari petarung bangkok lainnya. Dan sepintas jika kita lihat postur tubuhnya saat berdiri tegap, sudunya hampir 90 derajat.

Dan petarung bangkok asli akan memiliki karakteristik dimana tulang dadanya terlihat lebih lebar seperti membusungkan dadanya.

Untuk petarung dari bangkok asli, unggas ini akan memiliki tulang dada yang melebar. Dan semakin lebar tulang dadanya, maka hal tersebut merupakan salah satu karakteristik dimana ayam bangkok memiliki potensi jawara yang besar.

Bentuk tubuh petarung bangkok memiliki karakteristik dimana tekstur tubuhnya lebih lembut apabila di rasakan. Hal tersebut di percaya bahwa ayam petarung tersebut memiliki akurasi serangan dan memiliki otot yang baik.

Warna Bulu Petarung Bangkok

Setelah ukuran tubuh, yang mudah untuk dilihat adalah corak warna dari ayam petarung kita. Dengan corak yang dapat membantu kita membedakan jenis – jenisnya satu sama lain.

Dengan jenis – jenis ayam bangkok dengan nama corak sebagai berikut ini.

Wangkas

Merupakan karakteristik untuk jenis ayam bangkok dengan warna dasar dan juga rawisnya berwarna kuning kemerahan.

Wiring

Unggas petarung wiring akan memiliki warna dasar, dengan warna bulu rawis dan juga ekor berwarna kuning sedikit kemerahan.

Blorok

Untuk petarung bangkok jenis corak Blorok, ia memiliki totol pada bulunya yang memiliki beragam warna dari merah, hitam, dan juga putih.

Klawu

Untuk petarung dari bangkok jenis klawu memiliki jenis corak berwarna abu – abu.

Jali

Jenis ayam bangkok Jali merupakank jenis petarung yang memiliki warna dasar Blirik. Untuk warna blirik itu sendiri merupakan corak garis berwarna yang halus dan tipis-tipis.

Putih

Seperti nama jenisnya, ayam petarung jenis ini memiliki warna dasar putih pada seluruh tubuhnya.

Jregem

Seperti pada jenis petarung bangkok putih, Jregem merupakan ayam yang memiliki warna dasar hitam pada seluruh tubuhnya.

Karakteristik Leher Ayam Bangkok

Pada umumnya, petarung dari bangkok akan memiliki leher dengan ukuran yang lebih panjang daripada umumnya. Akan tetapi salah satu karakteristik petarung bangkok asli dari Thailand akan memiliki leher yang panjang dengan tidak adanya tonjolan pada bagian leher hingga kepala.

Jika petarung bangkok memiliki ruas leher sampai kepala tidak ada tonjolannya. Maka hal tersebut merupakan ayam bangkok dengan kualitas jawara sebagai salah satu karakteristiknya.

Oleh karena itu saat membeli, pastikan kalian memeriksa tulang pada bagian leher sampai kepala. Agar mendapatkan petarung yang baik dan juga memiliki karateristik yang sehat.

Bentuk Jengger

Untuk salah satu karakteristik petarung bangkok asli, dapat kalian lihat pada lehernya. Dimana anda harus melihat bentuk dari jenggernya.

Dimana ayam asli bangkok akan memiliki jengger yang menyerupai blangkon. Dan bentuknya roes dan juga memiliki pial yang pendek.

Struktur Tulang

Untuk kalian yang mencari ayam bangkok, salah satu karakteristik yang bisa di cari adalah struktur tulangnya. Apabila struktur tulang pada ayam terlihat kuat dan juga rapat.

Maka petarung bangkok tersebut di percaya sebagai ayam petarung yang memiliki serangan – serangan kuat terhadap musuh.

Selain itu, karakteristik ini di percaya sebagai ayam petarung dari bangkok dengan kelas yang tinggi. Dan juga memiliki kepakan sayap yang baik sehingga, hal tersebut menjadi nilai tambah yang baik.

Warna Mata

Untuk kalian yang mencari ayam bangkok sejati, maka karakteristik lainnya adalah pada bagian matanya. Dimana ia akan memiliki warna mata yang jelas dan terlihat jernih.

Dengan ayam petarung bankok berkualitas yang warnanya sama seperti paruh dan juga warna dari kakinya. Dimana para pengadu profesional akan mencari ayam bangkok yang memiliki karakteristik petarung sejati seperti ini.

Baca juga : Merawat Ayam Petarung Setelah Bertarung